Kebun Raya Cibodas Sebagai Destinasi Alam yang Indah dan Lengkap

Kebun raya merupakan wisata alam yang memadukan campur tangan manusia dalam penataannya. Tidak heran jika wisata ini memiliki kelebihan dari keindahan tanaman yang ditata rapi serta sangat beragam. Salah satunya adalah Kebun Raya Cibodas yang letaknya tidak jauh dari perkotaan.

Keberadaan kebun raya ini menjadi angin segar bagi pendatang yang bekerja di kota. Mereka bisa melepas lelah di wisata alam yang segar dan menenangkan pikiran saat liburan. Selain itu, aneka tanaman yang sangat beragam bisa menjadi media pembelajaran untuk pengunjungnya.

Kebun Raya Cibodas Cianjur 

kebun raya cibodas

Kebun Cibodas bukan satu-satunya kebun yang ada di daerah Jawa Barat. Namun karena letaknya yang strategis serta aneka tanamannya beragam, maka kebun ini sangat terkenal hingga ke luar daerah Jawa Barat. 

Lahan di kebun ini cukup luas, yakni mencapai 84,99 hektar. Letaknya yang berada di daerah pegunungan membuat areanya berbukit-bukit dan bergelombang. Udaranya juga cukup dingin dengan temperatur 20 derajat celcius.  

Sejarah Kebun Raya Cibodas Cianjur

Hampir semua pengunjung dari luar daerah tidak ada yang menyangka bahwa Kebun Cibodas sudah berusia ratusan tahun. Kebun ini dibangun oleh tokoh Belanda bernama Johannes Elias Teijsmann yang juga membangun Kebun Raya Bogor. 

Tanggal pembangunannya tepat pada 11 April 1852. Jadi bisa dihitung usia kebun Cibodas sampai saat ini adalah 168 tahun.

Karena ditemukan oleh orang Belanda, maka nama awal kebun ini menggunakan bahasa Belanda, yakni Bergtui te Tjibodas. Pemanfaatannya sebenarnya juga untuk  menanam jenis tumbuhan yang berasal dari luar negeri dan memiliki nilai ekonomi yang menguntungkan.

Kebun ini mulai resmi berdiri sendiri di bawah pusat Konservasi tumbuhan pada tahun 2003, setelah sebelumnya masih berupa cabang dari Kebun Raya Bogor.

Rute Kebun Raya Cibodas Cianjur

Kebun Cibodas beralamat di jalan Kebun Raya Cibodas, tepatnya di kecamatan Cipanas, kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Rute menuju kebun ini cukup mudah, karena bisa melewati beberapa jalur besar. Kalau dari arah pusat kota Bogor, jalur yang paling dekat melalui jalan raya Bogor – Sukabumi. Dari sini bisa belok kanan melalui jalan Cibalok menuju jalan Puncak – Gadog, lalu ikuti petunjuk jalan ke lokasi wisata

Kalau ingin naik kendaraan umum sekarang juga lebih mudah, karena ada kereta listrik di jalur ini.  Ambil kereta listrik menuju terminal Bogor. Dari terminal pengunjung bisa naik angkot 3 kali, dengan tujuan Baranangsiang, pertigaan Cibodas, dan terakhir angkot tujuan Kebun Cibodas.

Tiket Kebun Raya Cibodas Cianjur

Untuk bisa menikmati keindahan kebun ini sepuasnya, tiket masuk yang harus dibayar sebesar Rp16.500,00 per orang. Sementara parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp5.000,00, dan roda empat Rp16.000,00. 

Meskipun biaya parkir agak mahal, pengunjung bisa meninggalkan kendaraan dengan tenang karena sudah termasuk biaya asuransi.

Wisata di Kebun Raya Cibodas

Wisata di lokasi kebun ini cukup beragam. Pengunjung tidak hanya disajikan pemandangan tanaman dan bunga, tetapi ada banyak objek lainnya yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Beberapa wisata  menarik yang ada di Kebun Cibodas adalah :

1. Taman Rhododenron

Sesuai namanya, taman ini terdiri dari berbagai jenis tanaman berkayu dari jenis Ericaceae. Tumbuhan berbunga dan berkayu ini tidak hanya dikoleksi dari tanaman Indonesia saja, ada juga yang berasal dari China, Jepang, dan wilayah Asia lainnya. 

2. Taman Sakura

Bunga khas Jepang dengan banyak manfaat ini juga bisa ditemui di Kebun Cibodas. Bahkan ada taman khusus yang digunakan untuk mengoleksi bunga Sakura saja. Lokasi ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana taman di Jepang.

3. Taman Lumut

Keunikan dari Kebun Raya Cibodas juga terletak pada koleksi lumut yang sangat beragam. Tidak hanya berupa lumut yang habitatnya di Indonesia, tetapi beragam jenis lumut yang ada di berbagai negara. 

4. Beragam Tanaman Paku

Selain lumut, ada juga koleksi tumbuhan paku pada satu titik di area ini. Jumlahnya sangat banyak serta beraneka ragam. Bahkan tercatat sekitar 34 jenis tumbuhan paku ada di taman ini, baik yang berasal dari Indonesia, maupun yang berasal dari luar Negeri.

5. Bunga Raflesia Raksasa

Hampir semua kebun raya yang tersebar di Indonesia memiliki tanaman bunga bangkai atau Raflesia. Tetapi, bunga bangkai di kebun ini jauh lebih spesial dibanding yang ada di kebun raya lainnya. Keunikannya terletak pada ukurannya yang sangat besar, bahkan hampir menyamai pohon palem.

6. Air Terjun

Dalam kebun raya, wisatawan juga bisa sekaligus menyaksikan keindahan air terjun Cibeureum. Untuk menyaksikannya, tentu ada rute yang agak sulit karena harus mendaki pada ketinggian tertentu. Karena objek wisatanya berbeda, saat masuk ke air terjun akan dikenakan tiket lagi. 

7. Jalanan Air dengan Air Terjun Mini

Hal menarik yang sangat disukai anak-anak di kebun raya ini adalah adanya jalanan berair di dalamnya. Air ini berasal dari luapan air sungai Cibogo yang sangat segar dan bersih. Anak-anak banyak yang suka bermain air di lokasi serta merasakan pancuran air terjun mini.

8. Jalanan Batu Araucaria Aveneu

Jalanan batu yang unik juga tertata rapi di sekitar area tanaman Araucaria. Jenis tanaman unik ini bisa dinikmati sambil menapaki jalanan batu. Rerumputan hijau di sisi kanan dan kiri batu membuatnya terlihat sangat asri.

9. Rumah Kaca

Rumah kaca digunakan untuk mengoleksi berbagai tanaman yang sulit tumbuh pada area dingin seperti kebun Cibodas. Suhu dalam rumah kaca ini sudah diatur, sehingga tanaman kaktus yang biasa hidup di gurun bisa tumbuh besar di dalamnya.

Jalan setapak menuju rumah kaca ini didesain unik dengan pembatas railing mirip jembatan. Dengan warna putih polos yang berbentuk memanjang, jalan ini terlihat sangat menarik dan sering dijadikan tempat bersua foto. 

10 Kolam Besar  

Kolam besar di kebun ini bukan untuk mandi, namun menjadi media untuk membudidayakan tanaman air seperti teratai. Lokasinya yang berada di tengah rerumputan yang hijau membuatnya terlihat seperti sungai alami yang sangat indah.

Pengunjung biasanya suka duduk di sekitar area kolam yang dipenuhi rerumputan hijau dan bersih. Ada yang membawa tikar atau duduk langsung di atas rumput.  

Fasilitas di Kebun Raya Cibodas

Area kebun yang sangat luas tentu tidak akan cukup dijelajahi hanya dalam satu atau dua jam saja. Oleh sebab itu, kebun ini sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kebutuhan  pengunjung selama berkeliling kebun. Fasilitas tersebut di antaranya :

  • Tempat parkir kendaraan yang sangat luas dan aman.
  • Pendopo sebagai area istirahat wisatawan yang lelah berkeliling kebun.
  • Area khusus untuk berkemah.
  • Tempat bermain anak-anak.
  • Mushola yang bersih.
  • Kantin menjual makanan ringan dan makanan berat
  • Jasa sewa minibus yang bisa digunakan untuk mengelilingi seluruh area kebun.
  • Shelter.
  • Toilet umum. 

Kebun Raya Cibodas menjadi tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk anggota keluarga dalam menghabiskan waktu liburan. Pengunjung tidak akan bosan karena areanya sangat luas dan setiap lokasi menyediakan berbagai tanaman yang berbeda-beda.

Penginapan Dekat Kebun Raya Cibodas

Bagi kalian yang datang dari jauh, tidak perlu kawatir di mana harus menginap. Di sekitar cibodas banyak berdiri penginapan berupa villa yang bisa anda sewa untuk tempat beristirahat bersama keluarga maupun teman.

Harga villa yang di tawarkan di daerah sini juga cukup murah mulai dari 1 juta saja per malam nya, anda sudah mendapatkan villa satu rumah yang bisa di isi banyak orang. Jika anda memerlukannya, bisa klik disini villa di cibodas , yang sudah kami rangkum untuk anda sewa.

WhatsApp
Kirim WhatsApp
Gulir ke Atas