Telaga Warna Puncak Sebagai Wisata Alami Dengan Objek yang Unik

Telaga termasuk salah satu objek wisata air yang keberadaannya masih sangat terbatas di Indonesia. Meskipun tidak bisa mengalahkan keindahan pantai, setiap telaga yang ada tentu memiliki keindahan yang khas. Salah satunya adalah Telaga Warna Puncak yang ada di Bogor.

Telaga ini pada awalnya tidak begitu dikenal masyarakat, sehingga pengunjungnya sedikit dengan harga tiket yang terjangkau. Namun, sejak berkembangnya informasi melalui media sosial, jumlah pengunjung semakin meningkat sehingga harga tiketnya juga naik. 

telaga warna puncak

Telaga Warna Puncak Bogor

Telaga ini berada di perkampungan yang masih sangat asri. Lokasinya berada di dekat perkebunan teh dengan hamparan sawah dan pegunungan yang menjulang. Keunikan dan keasrian pada telaga warna membuatnya dijadikan sebagai kawasan konservasi untuk wisata alam.

Luas tempat wisata ini hanya berkisar 5 hektar saja, tetapi di dalamnya sudah lengkap dengan berbagai fasilitas untuk pengunjung. Selain asri, udara di sini masih sangat segar dan dingin karena berada di ketinggian 1.097 hingga 1.400 meter dari atas permukaan laut.

Telaga warna ini termasuk kenampakan alami yang disebabkan karena proses alam tanpa campur tangan manusia. Berupa cekungan lumpur jenis alluvial dengan kedalaman 15 meter, sementara bagian tepinya 1 sampai 2 meter saja.   

Alamat Telaga Warna Puncak

Telaga Warna terletak di desa Tubuh, yang masuk dalam kecamatan Cisarua, kabupaten Bogor.  Lokasi ini dekat dengan dengan kota pusat kota Bogor dengan jarak sekitar 30 kilometer. Jika melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua, bisa sampai di lokasi dalam waktu 1 jam. 

Akses ke Telaga Warna Puncak

Akses menuju lokasi dari kota Bogor sebenarnya tidak sulit. Pengunjung bisa menuju wisata telaga warna melalui jalan besar, yakni jalan raya Puncak Gadong dan jalan Raya Puncak Cianjur. Hanya saja, ketika sampai di pintu masuk, masih harus berjalan kaki sekitar 200 meter.  

Akses tercepat dari pusat kota bisa melalui jalan Raya Wangun dan belok kiri menuju jalan Cibalok.  Untuk kendaraan bermotor, bisa lewat dari bawah tol Jagorawi sampai di pertigaan jalan Kp Tipar. Perjalanan biasanya terkendala macet di jalan raya Beringin hingga jalan Raya Puncak.

Setelah itu perjalanan bisa lebih lenggang sampai ke lokasi wisata. Akses melalui jalan ini cukup mudah dan bisa dilalui kendaraan roda empat dengan mudah. 

Harga Tiket Telaga Warna Puncak Bogor

Seiring bertambahnya peminat yang ingin mengunjungi telaga, harga tiket di wisata ini terus mengalami kenaikan. Hingga saat ini, tiket masuknya adalah Rp21.000,00 per orang. Sementara untuk parkir motor, bisa diletakkan di pinggiran kebun teh.

Mitos Telaga Warna Puncak

Sesuai dengan lokasinya yang masih berada di pedalaman desa, telaga warna memiliki beberapa mitos yang terkenal dan dipercaya masyarakat sekitar. Mitos yang paling terkenal adalah mengenai asal usul warna telaga yang berubah-ubah.

Konon telaga ini berasal dari tangisan permaisuri raja yang menangis karena putrinya enggan menerima kalung berlian dari ayahnya yang seorang Prabu. Padahal ayahnya sangat menyayangi putrinya hingga mengadakan pesta besar.

Tangisan tersebut menimbulkan goncangan yang memicu munculnya air dari dalam tanah sehingga menjadi danau. Sementara kalung dari Prabu untuk anaknya tercerai berai dan menyisakan warna-warna indah pada telaga.

Selain itu, ada pula mitos yang mengatakan bahwa ada dua ikan purba besar dalam danau. Jika ada seseorang yang beruntung melihat ikan ini muncul ke permukaan, maka hajatnya akan tercapai. Sementara air telaga untuk mencuci muka juga dipercaya bisa membuat seseorang awet muda.

Objek Wisata di Telaga Warna Puncak Bogor

Tidak hanya hamparan telaga saja, dalam kawasan wisata ini ada beberapa objek wisata yang bisa dinikmati. Beberapa objek wisata yang ada dalam kawasan telaga warna  adalah :

  • Air Telaga yang Berubah-ubah Warna

Ciri khas dan keunikan dari Telaga Warna Puncak yang membedakannya dengan telaga lainnya adalah kondisi air telaga yang berubah-ubah. Warna telaga bisa mengalami lebih dari 3 kali perubahan. Saat tertentu warna telaga bisa menjadi hijau, coklat, hingga kuning cerah.

Meskipun terlihat ajaib, tetapi kenampakan warna telaga ini bisa diterima dengan akal. Menurut analisis ilmiah, perubahan warna dalam telaga dipengaruhi oleh tumbuhan ganggang yang bisa berubah-ubah di dalamnya. Perubahan ini otomatis mempengaruhi perubahan warna telaga. 

  • Aneka Flora Hutan Tropis

Lokasi telaga yang berada di pedalaman dengan tanah subur membuat beragam flora bisa tumbuh dengan baik tanpa ada manusia yang merusak. Flora asli hutan tropis ada di lokasi ini, sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran bagi Anda yang penasaran dengan tanaman asli tropis.

  • Menikmati Keindahan Danau dari Atas Perahu

Untuk menyaksikan keindahan danau dengan jarak yang lebih dekat, bisa menaiki perahu yang disewakan di lokasi ini. Tetapi jumlah perahu terbatas, sehingga untuk menaikinya harus rela mengantri. Terlebih pada musim liburan yang dipadati pengunjung dari berbagai daerah. 

  • Bermalam di Cottage Unik

Cottage menjadi salah satu objek favorit bagi pengunjung yang berasal dari daerah jauh. Selain menikmati keindahan danau, pengunjung bisa sekaligus bermalam di lokasi ini sambil menikmati pemandangan malam di sekitar area. Fasilitas dalam cottage terbilang sangat nyaman dan lengkap.

  • Menyaksikan Kerumunan Monyet

Semua wisata yang masih alami dan menyatu dengan alam pasti memiliki fauna liar di dalamnya. Pada hutan telaga warna terdapat banyak monyet. Monyet-monyet liar ini akan senang menyambut pengunjung yang datang untuk mendapatkan makanan. Bahkan beberapa ada yang sangat agresif.

  • Naik Ayunan di Pinggir Telaga

Di pinggiran telaga juga terdapat ayunan sederhana yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menyaksikan keindahan telaga. Ayunan ini masih berbentuk polos dan tidak didesain khusus untuk tempat berfoto.

  • Menguji Adrenalin dengan Flying Fox dan Sky Bike

Walaupun pemandangan telaga tidak membosankan, tidak ada salahnya  untuk mencoba flying fox demi merasakan pengalaman terbang di atas danau. Ada juga sky bike yang bisa dijadikan wahana seru sekaligus tempat foto yang unik.

  • Selfie di Balon Udara

Balon udara yang sangat besar juga menjadi objek favorit di telaga puncak. Balon ini hanya berfungsi untuk tempat berfoto dan tidak bisa terbang. Selain itu, dari dalam balon pengunjung juga bisa menikmati keindahan telaga dari atas walaupun waktu untuk menaikinya terbatas.

Fasilitas di Telaga Warna

Sesuai dengan lokasinya yang tidak terlalu luas, fasilitas di kawasan ini juga tidak terlalu banyak. Namun terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di telaga ini adalah :

  • Area parkir di pintu masuk wisata. 
  • Penginapan yang terjangkau.
  • Beberapa rumah makan.
  • Toilet umum.
  • Beberapa penjual makanan ringan.
  • Berbagai fasilitas permainan dan outbond seperti skybike, balon udara, serta flying fox.

Telaga Warna Puncak memang tidak menawarkan pemandangan wisata yang mewah dan menakjubkan. Namun lokasi ini sangat sesuai untuk Anda yang menyukai wisata bernuansa alam yang masih sangat alami, penuh mitos, dan bebas dari campur tangan manusia. 

WhatsApp
Kirim WhatsApp
Gulir ke Atas