Ini Pentingnya Survey Sebelum Booking Villa Mewah Di Puncak!

villa mewah di puncak
Ini Pentingnya Survey Sebelum Booking Villa Mewah Di Puncak! 1 Rp 2,300,000
Ini Pentingnya Survey Sebelum Booking Villa Mewah Di Puncak! 2 Rp 3,500,000
Ini Pentingnya Survey Sebelum Booking Villa Mewah Di Puncak! 4 Rp 3,500,000
Ini Pentingnya Survey Sebelum Booking Villa Mewah Di Puncak! 5 Rp 1,200,000

Banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum menyewa villa mewah di puncak. Selain keamanan, kelengkapan fasilitas juga harus menjadi perhatian utama. Jika tidak, Anda hanya akan menyesali pernah mengeluarkan biaya besar untuk sebuah villa yang tak sesuai harapan.

Seperti diketahui bahwa villa mewah harus ditebus dengan biaya yang sangat besar dalam satu malam. Biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Biaya ini sangat masuk akal, mengingat villa yang dipilih masuk dalam kategori mewah dan punya kelengkapan fasilitas penunjang.

Salah satunya adalah ketersediaan kolam renang private. Kolam renang ini bakalan menjadi fasilitas penunjang yang begitu diharapkan. Kenapa? Penyewa bisa merasakan sensasi berenang yang benar-benar berbeda manakala dilakukan di puncak yang berhawa sejuk.

Namun begitu, ada hal yang harusnya tidak luput dari perhatian. Layanan keamanan harusnya semakin baik. Makanya, tidak salah jika Anda perlu melakukan survey.

villa mewah di puncak
villa kota bunga alwaha private pool

Seperti Apa Pelaksanaan Survey Yang Dilakukan Penyewa?

Survey ini dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu sebuah villa mewah di puncak yang akan dibooking. Anda bisa memperoleh gambaran tentang villa yang ditawarkan oleh seorang agen ataupun pengelola langsung. Misalnya menentukan villa dengan tipe tertentu.

Setelah menentukan jenis villa di sebuah website penyedia villa, Anda bisa menghubungi langsung pengelola ataupun agennya. Silahkan buat jadwal khusus yang mana memungkinkan Anda untuk menengok lokasi keberadaan villa.

Pihak pengelola akan bersedia untuk menunjukkan kepada Anda mengenai lokasinya. Anda bisa pergi bersama-sama dari tempat yang telah disepakati. Kemudian Anda akan diajak menuju lokasinya. Misalnya menuju lokasi villa puncak view gunung.

Dari sini, Anda akan diajak berkeliling ke seluruh area villa. Mulai dari halaman depan penginapan, ruang keluarga, jumlah kamar dan lain sebagainya. Pengelolapun akan menunjukkan informasi mengenai layanan keamanan yang disediakan di villa terpilih.

Apakah Ada Biaya Untuk Survey?

Survey dilakukan untuk memastikan bahwa villa yang akan digunakan nantinya sesuai dengan keinginan. Hal ini begitu penting. Setidaknya, informasi yang Anda peroleh akan jadi bahan pertimbangan khusus. Misalnya apakah villa tersebut memang layak dihargai sesuai yang dipatok oleh pengelola atau tidak.

Begitu pentingnya survey, Anda memang sangat disarankan untuk melakukannya sebelum memutuskan untuk menyewa. Survey ini baiknya dilakukan 1-2 minggu sebelum menempati villa. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan informasi lebih luas.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah Anda dibebankan biaya untuk survey? Jawabannya adalah Anda akan diminta biaya survey. Biayanya cukuplah murah. Anda diminta untuk mengeluarkan biaya sekitar 100 ribu rupiah.

Namun perlu diketahui bahwa biaya ini akan masuk biaya sewa jika Anda melanjutkan untuk menyewa villa mewah di puncak tersebut. Biaya akan dimasukkan ke dalamnya. Anda tinggal menambahkan sejumlah uang sebagai pelunasan sewa.

Apa Saja Yang Sebaiknya Ditanyakan Saat Survey?

Menyewa villa biasa saja perlu banyak pertimbangan, apalagi yang mewah. Alasannya jelas, biaya yang dikeluarkan harusnya sebanding dengan layanan yang disediakan. Jika tidak sebanding, penyewa jelas mengalami kerugian.

Cerewet sedikit tidaklah masalah. Anda malah sebaiknya melakukannya. Yang Anda pertaruhkan adalah anggaran besar permalam. Lalu, apa saja yang sebaiknya Anda tanyakan pada pihak penyedia villa?

Pertama, tanyakan berapa kapasitas dari sebuah villa. Pertanyaan ini pantas dilayangkan mengingat Anda juga kadang ingin mengajak beberapa orang ke penginapan. Apabila membawa rombongan keluarga besar, sudah pasti tanyakan apakah jumlah kamarnya memadai untuk anggota yang Anda bawa atau tidak.

Kedua, tanyakan sistem keamanannya. Misalnya apakah sudah dilengkapi CCTV sampai petugas jaga atau tidak. Karena sistem keamanan yang baik akan mendukung kenyamanan dan keamanan selama berada di villa.

Ketiga, tanyakan tentang sarana prasarana terdekat. Ini meliputi tempat belanja, sarana pengobatan, transportasi terdekat, sampai sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup layaknya pasar ataupun warung makan.

Keempat, tanyakan pula tentang ketersediaan villa di hari yang Anda rencanakan. Percuma saja Anda sudah menemukan villa idaman, tapi Anda tidak bisa menggunakannya lantaran sudah direservasi oleh orang lain.

Kelima, tanyakan tentang harga sewanya. Misalnya Anda telah menemukan villa keluarga di puncak dengan kolam renang, Anda perlu menanyakan seputar harga sewa. Berapa besarnya harga sewa yang ditawarkan akan menjadi pertimbangan utama.

Ketika dinilai cukup mahal dan tidak sesuai dana yang dianggarkan, Anda bisa menahan terlebih dahulu. Anda bisa mencari opsi lain sesuai rekomendasi penyedia jasa. Tapi bila harga sewanya masih dalam ambang wajar, Anda bisa meneruskan transaksi.

Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Memutuskan Untuk Menyewa

Diasumsikan Anda telah memperoleh villa mewah di puncak. Tahapan selanjutnya adalah melakukan reservasi secepatnya. Tahapannya adalah sebagai berikut ini.

  1. Cek Ketersediaan Villa di Waktu Yang Direncanakan

Anda mungkin telah membuat rencana untuk berlibur di puncak. Entah itu di akhir pekan atau di hari-hari lainnya. Niatan Anda diasumsikan sekitar 2-3 hari agar liburan bisa terpuaskan.

Untuk mendukung liburan, Anda butuh penginapan seperti villa keluarga. Sebelumnya, usahakan untuk memeriksa ketersediaan villa di hari tersebut. Tanyakan langsung pada pihak penyedia.

Apabila villa tersebut masih tersedia, Anda bisa melakukan reservasi sembari bernegosiasi mengenai harga. Negosiasi ini cukup penting. Minimal, Anda bisa menawar dan bisa menghemat beberapa persen biaya.

  1. Lakukan Down Payment

Setelah mendapatkan kesepakatan soal harga, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran uang muka. Biasanya, DP yang berlaku di villa puncak sekitar 30 persen dari nilai total biaya sewa secara keseluruhan.

Di sini, tanyakan tentang rekening tujuan yang akan digunakan. Normalnya, penyedia jasa akan memiliki banyak sistem pembayaran. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran. Dan ini merupakan bagian dari layanan utama yang ditawarkan.

  1. Minta Bukti Pembayaran

Tahapan selanjutnya adalah meminta bukti dari hasil pembayaran. Sebelumnya, usahakan untuk mengkonfirmasi pembayaran pada pihak pengelola. Contohnya dengan menunjukkan tanda bukti telah mentransfer biaya sesuai ketentuan melalui rekening yang terpilih.

Setelah divalidasi pihak pengelola/agen, mintalah tanda bukti yang sama. Tanda bukti ini akan berguna untuk mengamankan villa yang telah disewa. Setidaknya, ini menjadi pegangan utama ketika ada kesalahpahaman.

Biasanya, bukti ini berupa kwitansi yang bisa dicetak sendiri. Ini khususnya terjadi bila Anda menyewanya melalui metode online. Pihak penyedia akan memberikan bukti pembayaran via whatsapp ataupun email. Di sini, silahkan cetak dan tunjukkan ketika akan melakukan pelunasan.

  1. Lakukan Pelunasan Akhir

Tahapan selanjutnya sebelum memegang kunci adalah melakukan pelunasan. Batas pelunasan akhir adalah saat hendak check in. Biasanya, check in diberlakukan pada pukul 9 pagi di hari H.

Silahkan lakukan pelunasan dengan pihak pengelola. Setelah itu, Anda akan diberikan kunci dan diperkenankan untuk melakukan berbagai aktifitas yang telah direncanakan di rumah.

Kesimpulannya, menemukan villa mewah sesuai harapan terbilang gampang. Kuncinya adalah menyempatkan diri untuk melakukan survey. Anda bisa melakukan survey ketika mencari villa mewah di puncak ini bersama pihak pengelola/agen yang Anda percayai.

You may also like...